Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Dan Lembut

Posted by Aneka Resep on Minggu, 05 Oktober 2014

Resep bolu kukus :: Pada artikel kali ini akan diulas beberapa tips tentang bagaimana cara membuat bolu kukus mekar sempurna dan tekstur yang lembut.

cara membuat kue bolu kukus mekar


Bahan sederhana dan cara pembuatan yang mudah, sering kali menjadi salah satu alasan banyak orang ingin mencoba membuat bolu kukus. Tapi sayangnya tidak semua berhasil membuat bolu kukus mekar sempurna dengan tekstur yang lembut.

Untuk itu, sebelum anda mencoba mempraktekkan resep bolu kukus yang anda miliki, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut yang bisa membantu anda dalam membuat bolu kukus mekar sempurna serta tekstur bolu kukus lembut.

7 cara membuat bolu kukus mekar lembut

Ada 7 hal yang bisa anda lakukan untuk membuat bolu kukus mekar lembut, antara lain sebagai berikut:


  1. Dalam proses pengocokan, lakukan selama kurang lebih 15 menit dengan kecepatan tinggi, hal ini dimaksudkan agar adonan mengembang.
  2. Soda diusahakan menggunakan yang baru, karena bila anda menggunakan soda bekas pakai, dikhawatirkan kandungan sodanya sudah menguap sehingga kadarnya sudah berkurang. Hal ini juga berlaku untuk emulsifier dan telur, gunakan yang baru , dan telur juga jangan gunakan yang sudah disimpan dalam kulkas.
  3. Untuk cetakan, pilih bahan alumunium yang berlubang. Bahan ini memungkinkan panas bisa tersebar merata kedalam adonan. Perhatikan juga ukuran antara cetakan dengan papercup-nya, usahakan keduanya memiliki ukuran yang sama, agar panas dari uap bisa masuk dengan lancar kedalam adonan.
  4. Pengisian adonan kedalam cetakan harus sejajar.
  5. Sebelum memasukkan adonan, panaskan terlebih dahulu kukusan selama kurang lebih 15 menit atau sampai air mendidi sempurna, agar uap yang dihasilkan bisa maksimal.
  6. Lapisi tutup kukusan dengan lap agar uap air tidak menetes ke adonan kue.
  7. Sampai proses pengembangan adonan sempurna, jangan membuka tutup kukusan. Sekitar 10 menit, adonan kue bisa anda tusuk dengan lidi untuk memastikan apakah adonan sudah matang sempurna atau belum. Bila adonan tidak lengket pada lidi, adonan kue sudah matang.

Demikian beberapa cara membuat bolu kukus agar mekar sempurna dan lembut, smoga tips-tips diatas bisa bermanfaat bagi anda semua.

Sumber : bogasari.com

Blog, Updated at: 09.24

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru