Pengertian Gulai

Posted by Aneka Resep on Senin, 11 Februari 2013

Pengertian Gulai - Menurut wikipedia, Gulai adalah sejenis makanan dengan bahan baku daging ( ayam, kambing,sapi,jeroan ), atau dengan bahan baku aneka ikan, dan beberapa jenis sayuran seperti buah nangka muda dan saun singkong. Proses memasaknya menggunakan bumbu rempah sehingga menghasilkan kuah yang gurih.

Bumbu rempah yang digunakan dalam membuat gulai memiliki ciri khas sendiri. Bumbu rempah yg sering digunakan yaitu kunyit, lada, ketumbar, jahe, cabe merah, lengkuas, bawang putih, bawang merah, serai, kayu manis, adas, pala serta jintan. Semua bumbu rempah tersebut dihaluskan ( kecuali serai, kayu manis ). Selanjutnya semua bumbu tersebut dicampur dan dimasak dalam santan. Gulai umumnya berwarna kuning dikarenakan pengaruh sari kunyit. Gulai identik dengan kari, oleh karena itu, makanan ini sering juga disebut sebagai kari ala Indonesia.

Beberapa wilayah dinusantara dikenal dengan masakan gulai ini, terutama diwilayah jawa dan sumatera. Banyaknya bumbu rempah yang digunakan dalam resep masakan gulai memang sedikit banyak dipengaruhi oleh seni memasak dari India yg banyak dalam penggunaan rempah dan bumbu.

Untuk daerah sumatera khususnya sumatera barat seperti minangkabau, Gulai adalah salah satu bumbu hidangan dasar yg sangat dikenal dlm masakan minangkabau. Kuah gulai dijadikan bumbu dalam setiap masakan padang dan memberikan citarasa yang enak pada setiap masakan tersebut.

Didaerah jawa sendiri, gulai juga menjadi masakan yang banyak digemari oleh masyarakat , tapi memang ada perbedaan antara gulai khas sumatera dan jawa. Untuk gulai jawa, kuah gulai lebih cari seperti sup, sedangkan kuah gulai khas sumatera memiliki kuah yang kental.

Dalam perkembangannya, Gulai memiliki banyak variasi tergantung dari bahan utama yang digunakan yaitu aneka daging, ikan, dan sayuran. Dibawah ini adalah variasi gulai yang didasarkan dari bahan utama yg digunakan.

  • Ayam : Gulai daging ayam, gulai hati ampela, dan gulai telur.
  • Daging : Gulai kambing, gulai sapi.
  • Jeroan : Gulai limpa, gulai hati, gulai babat, gulai otak, gilai gajeboh ( gajih). Gulai sumsu, gulai tunjang ( kikil ).
  • Ikan : gulai ikan mas, gulai telur ikan, gulai kakap, gulai cumi, gulai kepala ikan kakap.
  • Sayuran : Gulai kacang panjang, gulai daun pakis, gulai cubadak (nangka muda), gulai daun singkong, dan gulai jengkol atau gulai jariang.


Blog, Updated at: 14.12

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru